Console & PC Modoo Marble

Published on March 23rd, 2013 | by Shesar

Modoo Marble, Monopoly Online Cita Rasa Baru

Gamers, kamu pasti tahu game Monopoly kan? Yup! Permainan satu ini sudah sangat dikenal di dunia, tak terkecuali Indonesia. Barangkali, di samping Ular Tangga, Monopoly adalah board game (permainan papan) yang paling dikenal masyarakat Indonesia. Permainan satu ini memang mudah ditemukan, tambahan lagi harganya juga terjangkau, sehingga mudah memilikinya.

Tapi, apa kamu pernah merasa bosan dengan Monopoly? Kalau iya, kamu bisa coba satu Monopoly yang serupa tapi tak sama, namanya Modoo Marble.

Rating Usia: Semua umur
Jumlah Pemain: 1-4
Platform: PC, online

Apa yang baru? Secara umum, permainan Modoo Marble ini sama dengan Monopoly. Berbekal lemparan dua dadu, tujuan kamu adalah menguasai petak-petak lahan yang tersedia di papan empat sisi, siapa yang paling kaya dialah pemenangnya. Ada petak kota-kota seperti Jakarta, Singapore, Bangkok, London, sampai Hawaii yang bisa kamu beli. Ada pula petak pelabuhan, stasiun, kantor pajak, game center, dan kesempatan. Mirip kan dengan Monopoly pada umumnya? Nah, menariknya Modoo Marble menawarkan fitur-fitur baru yang bisa bikin permainan ini jadi makin seru!

Fitur-Fitur Seru dari Modoo Marble

Paling pertama, Modoo Marble adalah sebuah permainan online. Dalam sistemnya, tiap server punya beberapa room yang bisa diisi maksimal sebanyak 4 pemain. Kamu bisa bermain secara individu atau tim.

Di Modoo Marble juga kamu bisa mengambil alih kota pemain lain, tentu dengan biaya yang lebih besar daripada membelinya saat masih tak bertuan, dan tambah lagi uangnya masuk ke kantong pemain tersebut. Nah, agar kota milikmu tidak diambil alih pemain lain, kamu harus membangun landmark di kota itu. Landmark, sesuai namanya, berbeda-beda di tiap kota. Jakarta punya Monas, Sidney punya Sidney Opera, London punya Big Ben, dan Malaysia punya Menara Petronas. Untuk membangun landmark kamu harus membangun bangunan pendahulunya: rumah, gedung, dan hotel. Tantangannya, kamu tidak bisa langsung membangun semua bangunan dalam sekali waktu. Semua dibatasi oleh turn. Jadi misalnya, di turn pertama hanya bisa membangun rumah, turn kedua gedung, turn ketiga hotel, dan baru pada turn keempat barulah kamu bisa membangun landmark. Di sini kamu harus pintar berhitung, apakah akan membangun satu demi satu atau langsung membangun banyak bangunan sekali waktu. Ingat, sebelum landmark dibangun kotamu masih bisa diambil alih!

Masih ingat kartu kesempatan? Ada banyak kartu menarik lho! Kartu pemadaman listrik yang membuat satu kota jadi tidak menarik biaya sewa, kartu diskon bayar sewa 50%, kartu badai gurun pasir yang menurunkan biaya sewa suatu kota, dan juga kartu bertahan dari bermacam-macam serangan yang disebut di atas.

Ingat petak parkir bebas? Di Modoo Marble tetap ada! Kali ini namanya diganti Keliling Dunia, kamu bisa bebas berhenti di petak manapun sesukamu. Penjara? Masih ada, tapi diganti menjadi Pulau Terpencil. Dan ada yang baru, petak Olimpiade. Jika berhenti di petak tersebut, kamu berhak menaikkan biaya sewa di salah satu kotamu sebesar 2 kali lipat. Fitur baru lainnya adalah dadu genap dan ganjil. Kamu bisa memilih salah satu untuk menentukan angka ganjil atau genapkah yang akan muncul. Terkadang fitur ini cukup berguna untuk menghindari berhenti di petak pemain lain yang biaya sewanya tinggi.

Lebih Ramai dari Monopoly

Modoo Marble bisa dibilang permainan yang ramai dalam hal audio karena ada narator yang memandu selama permainan. Tiap selesai melempar dadu, narator akan mengucapkan angka yang keluar. Juga setiap kali mendapat kartu kesempatan, berhenti di petak Olimpiade, Pulau Terpencil, mengaktifkan kartu kesempatan, dan bermain mini game di Game Center. Suara naratornya pun ceria, enak didengar, dan membuat suasana bermain menjadi menyenangkan.

Kalau kamu pernah bermain Monopoly dalam waktu yang terlalu lama, mungkin akan menjadi bosan. Tapi hal ini mungkin tidak akan terjadi di Modoo Marble. Dalam tiap permainan Modoo Marble diberikan batasan waktu 30 menit atau 24 turn. Jadi, kalian juga berpacu dengan waktu. Wuiih, semakin ramai aja!

Modoo Marble Melatih Decision Making

Overall, Modoo Marble menawarkan pengalaman baru dalam bermain Monopoly. Kamu akan diberikan tingkat tantangan baru dalam kecerdikan berinvestasi – kapan waktu yang tepat untuk menjual, membeli, mengambil alih kota pemain lain, atau hal lainnya. Singkatnya, kemampuan pengambilan keputusan (decision making) diuji di permainan ini.

Tertarik mencoba pengalaman baru bermain Monopoly? Kamu bisa men-download Modoo Marble di sini, dan siap-siaplah beradu investasi properti bersama teman-temanmu!






Tags: , , ,


About the Author

Ya gamer ya tukang review | Sports, games, and journalism in my vein | Liverpool FC y Atletico de Madrid | yoroshiku onegaishimasu


Back to Top ↑